Jumat, 11 Januari 2019

Bagaimana Perusahaan Memelihara Karyawan untuk Meningkatkan Kinerja Karyawan dan Perusahaan



Setiap perusahaan membutuhkan karyawan sebagai tenaga yang menjalankan setiap aktivitas yang ada dalam organisasi perusahaan. Karyawan merupakan aset terpenting yang memiliki pengaruh sangat besar terhadap kesuksesan sebuah perusahaan. Tanpa mesin canggih, perusahaan dapat terus beroperasi secara manual, akan tetapi tanpa karyawan, perusahaan tidak akan dapat berjalan sama sekali.

Jika diartikan secara sederhana, karyawan dapat diartikan sebagai setiap orang yang memberikan jasa kepada perusahaan ataupun organisasi yang membutuhkan jasa tenaga kerja, yang mana dari jasa tersebut, karyawan akan mendapatkan balas jasa berupa gaji dan kompensasi-kompensasi lainnya.

Bagi sebuah perusahaan, memiliki karyawan terbaik adalah sebuah aset yang harus diberikan atensi lebih. Akan tetapi, bukan satu hal baru lagi jika tak semua karyawan memiliki loyalitas yang tinggi terhadap perusahaannya. Sedangkan loyalitas ini amatlah penting untuk menjaga kinerja perusahaan agar tidak terganggu. Sebagai pemilik atau manajemen perusahaan, tentunya berbagai cara akan Anda lakukan untuk menjaga potensi tersebut. Berikut bisa jadi solusi terbaik untuk membuat para karyawan Anda betah bekerja sekaligus meningkatkan motivasi dan semangat setiap harinya.

1. Terbuka Dengan Pendapat Dari Karyawan
Selain hak pokok seperti gaji, tunjangan kesehatan, fasilitas kerja, dan faktor perlu diperhatikan juga solusi untuk setiap hambatan yang mungkin dialami oleh masing-masing karyawan. Bersedia menampung segala keluh-kesah karyawan serta pendapat untuk kinerja yang lebih efektif haruslah menjadi salah satu prioritas pendekatan diri oleh perusahaan dengan sang karyawan agar terjalin dengan baik.

2. Mengembangkan Potensi Karyawan
Perusahaan bisa memberikan atensi lebih dengan memberikan kesempatan buat para karyawannya untuk mengembangkan talenta yang dimilikinya, salah satunya dengan mengadakan pelatihan. Melalui pelatihan, setiap karyawan akan memiliki kesempatan untuk terus mengembangkan kemampuan dan pengetahuannya serta menciptakan kinerja yang lebih baik setiap harinya.

3. Kebebasan Kreativitas
Dengan menampung ide-ide yang diberikan karyawan dan memaknainya sebagai daya kreativitas yang dimiliki, akan memicu mereka untuk bekerja lebih baik dan tak mudah merasa jenuh dengan aktivitas setiap harinya. Hal ini juga menjadi salah satu cara untuk menciptakan suasana kerja yang menyenangkan hingga karyawan akan merasa betah.

4. Transparansi Jenjang Karier Yang Jelas
Karyawan akan mampu memiliki pemahaman kontribusi yang diharapkan, agar target perusahaan bisa tercapai dengan baik. Selain itu, jenjang karier yang jelas juga akan meningkatkan motivasi karyawan untuk terus memberikan performa terbaik hingga berhasil meraih puncak karirnya.

5. Memberikan Penghargaan Atas Potensi Yang Dimiliki Karyawan
Pengakuan dan penghargaan atas prestasi karyawan memang menjadi faktor penting untuk menciptakan motivasi sekaligus suasana kerja yang nyaman. Kendati demikian, penghargaan atas pencapaian seorang karyawan tidak harus selalu dalam bentuk hadiah yang mahal. Ucapan pujian dan terima kasih baik diutarakan secara langsung atau melalui email adalah cara yang juga tepat dilakukan para manajer dalam mengapresiasi pekerjaan yang diselesaikan dengan baik oleh timnya. Selain itu, adakah hal lain yang bisa dilakukan perusahaan untuk meningkatkan engagement dengan karyawannya? Jawabannya adalah memberikan voucher hadiah sebagai reward. Selain reward, voucher hadiah juga dapat digunakan dalam berbagai kegiatan kantor lainnya seperti Employee Anniversary, Team Building, hingga Incentive Program. Banyak sekali keuntungan yang dapat diterima oleh penerima voucher, seperti kebebasan untuk memilih merchant, produk, hingga lokasi yang diinginkan tanpa harus dipusingkan dengan keinginan dan selera dari generasi yang berbeda antar karyawan. Voucher hadiah tersebut adalah Sodexo Gift Pass, salah satu produk Sodexo yang dapat digunakan sebagai solusi untuk kebutuhan reward perusahaan. Voucher Sodexo Gift Pass dapat digunakan lebih dari 250 merchant dan 16.000 outlet di seluruh Indonesia, menjadikannya media motiovasi yang sempurna untuk diberikan kepada karyawan Anda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar